Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Install Driver Mediatek MT65xx Preloader USB VCOM Drivers Lengkap Dengan Gambar

Salah Satu kendala mencoba untuk flash rom pada chipset Mediatek adalah driver yang tidak terinstal dengan benar. Memang sedikit rumit bila berurusan dengan chipset Mediatek. Namun dengan tutorial ini, saya harap sobat bisa sedikit lega karena sebenarnya menginstal Mediatek preloader usb vcom driver itu tidak serumit yang sobat kira.


Dalam tutorial ini akan dijelaskan cara menginstal Mediatek preloader usb vcom driver pada Windows yang berbeda versi, yaitu Windows 7, Windows 8, 8,1 dan Windows 10 melalui media gambar agar sobat dapat mudah mengerti apa yang harus dilakukan.

Namun karena saya hanya punya Windows 10, jadi gambar pada tutorial ini merupakan hasil screenshot Windows 10. Tenang aja sob, menu hampir sama dengan Windows 7 dan Windows 8 kok!

Karena tutorial ini berhubungan dengan flashing, mungkin sobat tertarik juga untuk membaca "Cara Flash Stock ROM Dengan Menggunakan SP Flash Tool".

Bahan yang perlu dipersiapkan :

1. PC/Komputer, Laptop dengan OS Windows 7, 8, 8.1 atau Windows 10 (x86 atau x64).

2.  Mediatek MT657x Preloader USB VCOM Drivers

3. Mediatek MT6589 Drivers 

Langkah Instalasi :

1. Ekstrak hasil download diatas. Sobat bisa melihat ada folder "MT6577 USB VCOM drivers" dan didalam folder tersebut, terdapat beberapa folder yang berisikan file berekstensi "inf".



2. Buka "Device Manager" di komputer/laptop sobat, lalu menuju menu "Action" dan "Add legacy hardware".




3. Sobat akan melihat "hardware installation wizard". Pilih "Next".



4. Setelah itu sobat akan melihat 2 menu pilihan. Pilih "Install the hardware that i manually select from a list (Advance), lalu pilih "Next".

5. Pada menu "Common hardware types", langsung sobat pilih "Next" saja sampai sobat menemukan menu "Have Disk" seperti pada gambar dibawah ini.

6. Setelah sobat memilih menu "Have Disk", muncul pop up "Install from disk". Pilih "Browse".

7. Browse menuju file yang sebelumnya sudah sobat ekstrak dan pilih file berekstensi "inf". Untuk Windows versi 32 bit atau x86, pilih file "usb2ser_Win7.inf", sedangkan untuk Windows versi 64 bit atau x64, pilih file "usb2ser_Win764.inf", lalu pilih "Open" dan "OK".

8. Selanjutnya akan ada pilihan "Model", sobat bisa langsung pilih "Next".

9. Voilaa ! Sekarang kalian bisa flash Smartphone kalian tanpa hambatan apapun. Bila status di "Device Manager" menandakan error yang ditandai dengan segitiga berwarna kuning, abaikan saja. Itu tidak berpengaruh sama sekali terhadap proses flashing.



Gimana? Mudah bukan? udah tau mudah masih mau bawa ke konter lagi? tutorial youtube ntar saya buat ya soon. Lagi sibuk ngurus skripsi soalnya hehe. Saya undur diri dulu. Wassalamuallaikum Wr. Wb. :)